Senin, 18 Oktober 2010

"Dukung, Saat Kami Down"

KEMENANGAN telak Persib 5-1 atas Persiba Balikpapan tidak membuat kapten tim Persib Bandung, Eka Ramdani, harus terus larut dalam euforia kemenangan. Riuh tepuk tangan ribuan bobotoh di Stadion Siliwangi pada malam itu, tidak membuatnya lantas bersuka cita.

Eka enggan banyak berkomentar. Bahkan, ia berbicara de-ngan suara sa-ngat pelan me-ngomentari laga tersebut. "Bukan sedih. Hanya saja, pada pertandingan sebelumnya kami kalah dan menerima caci maki. Sekarang, ketika kami menang mereka baru mendukung kami. Saya tidak ingin banyak bicara tentang hasil pertan-dingan sekarang. Kami ingin menjawab dengan permainan di lapangan saja," ujarnya.

Kekecewaan yang ditunjukkannya bukan tanpa alasan. Pada pertandingan tandang sebelumnya ketika Persib melawan Deltras Sidoarjo, Persib kalah telak 1-4. Saat itu, banyak komentar bobotoh di berbagai media, terutama jejaring sosial yang menyudutkan Persib, mulai dari kemampuan individu pemain hingga buruknya kinerja tim.

Sebelumnya, Eka juga pernah mengutarakan harapannya kepada bobotoh pada laga pertama Persib di Liga Super Indonesia 2010/2011, melawan Persela Lamongan. Saat itu, dirinya me-minta agar bobotoh bisa memberikan motivasi yang positif.

"Kami selalu berkata optimistis akan memenangi pertandingan, sebetulnya kata-kata itu adalah satu motivasi yang kami bangun. Akan tetapi, terkadang bobotoh menganggapnya bahwa kami banyak bicaralah atau bagaimana. Hal ini yang tidak kami harapkan," katanya.

Hal itu rupanya merupakan satu pukulan tersendiri bagi para pemain Persib. Itu sangat disayangkan Eka. Dia me-ngaku merasa sedikit kecewa, dengan sambutan bobotoh yang terkesan hanya memberi dukungan ketika "Maung Bandung" menang.

Dia berharap, bobotoh bisa memberikan dukungan pada Persib pada berbagai kondisi. "Kami sangat butuh dukungan bobotoh, tidak hanya saat kami menang. Dukungan justru juga sangat kami butuhkan terutama pada saat kami down, ketika mengalami kekalahan. Itulah, fungsi dari suporter. Support kan artinya mendukung," kata pemain dengan nomor punggung 8 itu.

Harapannya terhadap bobotoh itu, bahkan tertuang dalam kaus ganti pemain yang digunakan seluruh skuad Pangeran Biru malam itu. Pada bagian depan kaus berwarna putih itu, tertulis "Where Are You When We Lose?" (Di mana Kalian ketika kami kalah?).

Tulisan yang sarat makna tersebut, seakan menjadi satu pecutan emosi dari pemain kepada bobotoh. Bahwa satu tim besar yang solid, perlu mendapat dukungan positif dari bobotoh yang solid pula. Semoga hal itu bisa diwujudkan pada langkah nyata demi satu tujuan dan keinginan bersama yaitu puncak klasemen.

Meskipun begitu, Eka bersyukur dengan hasil yang diraih timnya. "Alhamdulilah ini hasil dari persiapan selama jeda waktu, menjelang pertandingan yang kita manfaatkan dengan baik," katanya. (Siska Nirmala Puspitasari/"PR")***


Source: PR

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks For Comment